Sabtu, 22 Februari 2020

Nasabah dan Etika Pelayanan Nasabah

Nasabah Bank


"orang yang biasa berhubungan dengan atau menjadi pelanggan bank."
Kamus Besar Bahasa Indonesia
"pihak yang menggunakan jasa bank (bank customer)."
Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nasabah Bank?

Nasabah bank adalah seseorang yang menjadi tanggungan atau menjadi pelanggan bank. Dalam hal ini nasabah juga dikatakan sebagai orang yang menggunakan pelayanan yang disediakan oleh bank. Nasabah adalah seorang atau badan usaha maupun lembaga yang mempunyai rekening simpanan dan pinjaman. Selain itu, nasabah juga melakukan transaksi lainnya, baik transaksi online maupun offline.

Jenis Nasabah Bank

Dalam perbankan, nasabah bank dibagi menjadi dua yaitu nasabah debitur, dan nasabah penyimpan. Nasabah debitur adalah nasabah yang memperoleh fasilitas baik kredit maupun pembiayaan dari bank dengan melewati proses perjanjian antara bank dengan nasabah bank yang telah dilakukan sebelumnya.
Sedangkan nasabah penyimpan adalah nasabah yang menempatkan dananya di bank dalam bentuk simpanan yang mana biasanya disebut tabungan, dengan melewati proses perjanjian antara bank dengan nasabah bank sebelumnya.
Biasanya nasabah bank terdiri dari perorangan, perusahaan, instansi pemerintah, yayasan, organisasi massa, lembaga sosial kemasyarakatan, dan badan usaha lainnya.

Keuntungan Nasabah Bank

Ada sejumlah keuntungan ketika menjadi seorang nasabah bank, di antaranya sistem keamanan berlapis, keuntungan bunga yang didapat, lebih praktis dan simpel, kebebasan dalam bertransaksi, mudah mengelola keuangan dengan terencana, dan mudah diambil jika dalam keadaan mendesak. Tidak hanya itu, pada umumnya pihak bank kerap memberikan hadiah kepada nasabah bank yang telah menggunakan fasilitas simpanan maupun pinjaman dalam jangka waktu yang lama.

Hubungan Bank dengan Nasabah Bank

Dalam hubungan antara bank dengan nasabah bank timbul hak dan kewajiban antara masing-masing pihak. Oleh sebab itu, harus ada perjanjian antara bank dengan nasabah bank ketika memutuskan akan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank terkait. Perjanjian ini biasanya akan ditandai dengan kontrak yang ditandatangani oleh kedua pihak. Bila nasabah bank merasa pihak bank tidak melakukan kewajiban yang ada sesuai dengan perjanjian, seorang nasabah bank bisa melakukan pengaduan dengan dasar hukum UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Etika Pelayana Nasabah

Etika yautu cara berhubungan dengan manusia yang satu dengan lainnya. Nah, terutama pada dunia perbankan etika tersebut sangatlah diperlukan untuk diketahui dan dijalankan. Nasabah yang datang ke bank itukan tanpa diundang dan nasabah tersebut merupakan tamu penting, tamu kehormatan yang harus diberikan pelayanan yang maksimal. supaya nasabah merasa dihargai, dihormati dan dapat terselesaikan semua masalah yang ada pada si nasabah. Setiap  karyawan bank itu wajib perlu memahami etika yang ada di perbankan. Tanpa etika yang benar maka kemungkinan besar bank tersebut akan kehilangan nasabahnya karena pada perbankan tersebut tidak memiliki nilai etika yang benar. Dasar-dasar yang harus dipahami oleh setiap karyawan perbankan yaitu :
1.  Setiap karyawan harus bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada si nasabah. Kebutuhan dan keinginan yang diperlukan oleh si nasabah harus dipenuhi dan tuntas.
2. Selalu menanyakan dan memberikan perhatian pada saat si nasabah mendapatkan kesulitan.
3. Sopan dan juga ramah dalam melayani setiap nasabah. Jangan marah pada saat si nasabah belum mengerti akan tetapi jika nasabah tidak mengerti apa yang anda jelaskan maka tugas anda yaitu menjelaskan kembali dengan bahasa yang nasabah pahami dan tetap sabar dalam menghadapi nasabah.
4. Menjaga perasaan si nasabah supaya tetap tenang, nyaman dan percaya pada saat anda memberikan solusi atau menjelaskan kepada si nasabah.
5. Karyawan dapat memahami setiap karakter atau emosi dari setiap nasabahnya, baik itu memahami prilaku yang baik atau yang buruk.
Jika anda sebagai karyawan bank apa yang seharusnya anda inginkan dari seorang nasabah? Tentu anda menginginkan nasabah anda merasa senang dan merasa puas dengan layanan yang anda berikan kan? Dan juga sudah sepantasnya anda yang sebagai karyawan bank berprilaku sopan dan baik kepada nasabah anda supaya nasabah anda tersebut merasa senang dan akhirnya mempertahankan diri untuk tetap menjadi nasabah bank tersebut dan menjadi nasabah yang loyal yang akhirnya dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bank tersebut. Nah, berikut ada beberapa trik agar si nasabah anda merasa senang dengan anda :
1. Penampilan
Mengapa harus penampilan? Karena penampilan tersebut adalah kunci pertama dilihat oleh nasabah, jika kita ingin bekerja maka penampilan kita haruslah rapi. Terutama dalam melayani nasabah. Sebagai seorang karyawan tentunya anda tidak mau kan kelihatan tidak rapi pada saat melayani nasabah. Mungkin si nasabah tidak mau juga di layani oleh seorang karyawan yang tidak rapi. Maka dari itu pada saat anda menjadi karyawan bank maka penampilan anda harus rapi supaya bisa menarik minat konsumen. Dan juga serasi dan bersih dan tidak menggunakan aksesoris dan make up yang berlebihan.
2. Ucapan terimakasih
Selalu mengucapkan salam ketika bertemu atau berpisah dengan nasabah, termasuk ucapan terima kasih. Dan jangan cuek kepada nasabah.
3. Prilaku yang di tonjolkan karyawan kepada nasabah
Berprilaku yang baik lincah, gesit, mudah bergaul, dan cepat tanggap namun tidak over acting didepan nasabah atau tamu yang pada akhirnya dapat membuat nasabah jengkel. Dan juga lemah lembut dan sopan santun dalam melayani tamu atau nasabah, membuat nasabah merasa dihargai oleh karyawan bank. Nasabah itu membutuhkan tingkat pelayanan yang lebih komplit dari pada nasabah biasa. Nasabah yang prospeknya baik akan menanamkan /menyimpan dananya di bank, meminjam atau menginvestasikan uangnya dalam jumlah yang besar dan dengan waktu yang lama. Para perbankan pastinya ada orang yang memasarkan produk, dibank biasa disebut marketing.
Denganbegitu, bank tidak perlu memasang iklan. Nasabah akan datang  dengansendirinya karena mengetahui baiknya pelayaan suatu bank kepada nasabah .Pemasaran yang begitu efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Jikapersepsi seorang nasabah terhadap suatu bank itu dapat dinyatakan baik ataupuas, maka nasabah tersebut akan memberitahuakan kepada kerabat atau rekan,atau teman bisnis, bahwa pelayanan Bank BTN sangat bagus.
Dan dapat dipastikanjumlah nasabah akan bertambah dikarenakan pengaruh dari kepuasan pelayanan yang didapati nasabah. Manfaat lain bagi nasabah yang telah lama bergabung di bank tesebut menjadi loyal dan merasa memiliki bank tersebut. Menjadi seorang pegawai bank termasuk menjadi seorang customer service haruslah mempunyai rasa telaten, penuh kasih sayang dan juga sabar. Karena jika tidak sabar maka nasabah tidak mau anda yang melayani dan nasabah akan kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Inkaso

Pengertian Inkaso Inkaso merupakan kegiatan jasa Bank untuk melakukan amanat dari pihak ke tiga yang berupa penagihan sejumlah uang...